Tentang

 

LATAR BELAKANG DAN TUJUAN

ASOSIASI LINGUISTIK TERAPAN INDONESIA (ALTI)

 Tokoh pelopor (founding father) ALTI adalah Prof. Dr. Didi Sukyadi, M.A. Beliau adalah seorang ahli bahasa atau peneliti bahasa di bidang ilmu tanda atau semiotik yang sekarang menjabat sebagai Wakil Rektor Bidang Riset, Kemitraan dan Usaha Universitas Pendidikan Indonesia. Beliau pernah menjabat sebagai Wakil Presiden Asosiasi Profesi Guru Bahasa Inggris yang bernama TEFLIN (Teachers of English as a Foreign Language in Indonesia). Pada saat yang sama, beliau juga mengurusi penerbitan jurnal internasional di bidang linguistik terapan yang bernama IJAL (Indonesian Journal of Applied Linguistics), satu-satunya jurnal di bidang humaniora yang terindeks Scopus. Jurnal ini berafiliasi dengan TEFLIN.

Prof. Sukyadi merasa bahwa afiliasi IJAL dengan TEFLIN dirasa kurang pas karena cakupan IJAL jauh lebih luas dibandingkan cakupan kerja TEFLIN. Oleh karenanya, dirasa perlu membentuk sebuah asosiasi profesi baru yang cakupannya sama dengan lingkup kajian IJAL, yakni linguistik terapan. Maka, pada Konferensi Internasional Linguistik Terapan yang ke-7 atau dikenal dengan CONAPLIN (Conference on Applied Linguistics) yang digelar di Kampus Universitas Pendidikan Indonesia pada tanggal 24-25 November 2014, Prof. Didi Sukyadi mengundang sejumlah delegasi kampus yang berasal dari sejumlah daerah di Indonesia untuk sama-sama membahas pentingnya membentuk sebuah forum nasional bagi para pemerhati, peneliti dan praktisi linguistik terapan agar terbangun sebuah kekuatan besar yang bisa memberikan sumbangsih yang nyata kepada masyarakat dalam konteks bahasa dan penerapannya.

 Secara pragmatis, ALTI bisa menjadi wadah baru yang secara otomatis diafiliasikan dengan IJAL sehingga karya-karya ilmiah para anggota ALTI bisa terwadahi dalam jurnal internasional. Di samping itu, penjaringan artikel-artikel jurnal yang berkualitas akan relatif lebih mudah karena adanya jejaring peneliti dan praktisi bahasa yang luas se-Indonesia.

Adapun tujuan organisasi sesuai dengan Anggaran Dasar ALTI Bab III Pasal 8 adalah:

  1. menghimpun dan menyalurkan aspirasi dan daya cipta orang yang berkecimpung dalam bidang kebahasaan terapan;
  2. membina dan mengembangkan studi dan penelitian kebahasaan terapan demi kemajuan pengetahuan bahasa khususnya dan pendidikan serta kebudayaan pada umumnya, serta menyebarluaskan hasil studi dan penelitian bahasa.

Target terdekat selepas terbitnya legalitas organisasi ini selain merekrut sebanyak-banyaknya anggota adalah melakukan kerja sama dengan asosiasi profesi linguistik terapan yang ada di negara lain semisal Malaysia, Australia dan Amerika Serikat. Kerja sama yang dibangun bisa berupa kerja sama dalam pengiriman pakar linguistik, konferensi bersama, penelitian kolaboratif dan publikasi jurnal internasional secara bersama-sama.